Tata Cara Menjalankan Ibadah Umroh dan Larangannya

Sebagai umat Islam, Anda pastinya mengetahui ibadah umroh bukan? Ibadah yang dikenal pula dengan haji kecil ini dapat dilakukan di setiap waktu dengan tata cara yang sedikit berbeda dengan ibadah haji. Bagi umat Islam, haji kecil ini menjadi alat untuk mendekatkan diri kepada Allah dan merenungkan segala kesalahannya yang pernah dilakukan di dunia.

Meskipun haji kecil dapat dilakukan pada waktu yang bebas, melakukan haji kecil di bulan Ramadhan sebanding dengan mengerjakan ibadah haji. Agar ibadah haji kecil sah dan berjalan dengan baik, Anda harus mengetahui cara tepat melakukan ibadah haji kecil. Tidak hanya itu, memahami hal-hal apa saja yang dilarang menjadi pengetahuan lainnya yang harus diketahui agar ibadah haji kecil mendatangkan manfaatnya.

Jika Anda berminat menjalankan ibadah haji kecil, ada baiknya untuk memperhatikan penjelasan mengenai larangan dan tata cara dalam menjalankan ibadah haji kecil di bawah ini.

Rukun Ibadah Umroh

Ihram merupakan salah satu tata cara menjalankan ibadah haji kecil pertama yang wajib dilakukan. Ihram sendiri merupakan busana khusus yang dikenakan ketika menjalankan haji kecil. Sebelum Anda menggunakan busana ihram, Anda wajib melakukan mandi besar terdahulu. Selama berihram, ada larangan-larangan yang harus dijauhi.

Bagi pria, mereka tidak boleh mengenakan pakaian berjahit dan penutup kepala. Untuk wanita, mereka tidak boleh menutup wajah dan tangannya ketika berihram. Tidak hanya itu, baik pria dan wanita dilarang untuk memotong kuku, rambut dan tidak boleh melakukan hubungan badan dengan pasangan.

Selain niat dan ihram, berikut tata cara lainnya yang harus ditaati ketika melakukan haji kecil atau umroh:

  1. Tawaf
    Tawaf merupakan kegiatan mengelilingi kabah dengan tujuh kali putaran. Arah melakukan tawaf adalah berlawanan dengan arah jarum jam. Tiga putaran tawaf dilakukan dengan cepat dan untuk empat putaran tawaf lainnya dapat dilakukan dengan santai.
  2. Sai
    Sai merupakan kegiatan berlari-lari kecil yang dilakukan dari bukit Safa menuju ke bukit Marwah. Selama melakukan tawaf, Anda harus berdoa dengan bacaan-bacaan yang diharuskan.
  3. Bercukur
    Tahalul atau bercukur rambut menjadi tata cara lainnya ketika melakukan ibadah haji kecil. Anda dapat memotong sebagian rambut Anda atau memotongnya secara keseluruhan selama melakukan Tahalul. Jika Anda telah melakukan Tahalul, ibadah haji kecil dianggap sah dan Anda telah melengkapi serangkaian rukun haji kecil.

Waspada Biro Perjalanan Ibadah Umroh

Sebelum Anda melakukan haji kecil, perhatikan biro perjalanan yang akan Anda gunakan. Seperti yang Anda ketahui, ada banyak biro perjalanan yang saat ini menawarkan layanan haji kecil kepada masyarakat. Dengan banyaknya biro perjalanan yang ada, Anda terkadang merasa bingung untuk menentukan biro perjalanan yang tepat.

Karena itulah, Anda harus memilih biro perjalanan umroh yang tepat guna mendapatkan layanan haji kecil yang Anda inginkan. Biro perjalanan yang baik akan memberikan penjelasan mengenai fasilitas apa saja yang akan Anda dapatkan. Biro perjalanan akan menjelaskan fasilitas apa saja yang dapat diperoleh secara gratis dan fasilitas apa yang mengharuskan Anda untuk melakukan pembayaran.

Sama halnya dengan informasi akan fasilitas yang jelas, biro perjalanan yang baik juga akan menerangkan akan biaya umroh yang harus Anda bayarkan. Ketika Anda mengetahui besar biaya yang harus dibayarkan, Anda memiliki kesempatan untuk mengumpulkan uang terlebih dahulu sebelum melakukan ibadah haji kecil. Di dalam mengumpulkan dana, Anda dapat mengumpulkannya melalui bank atau biro perjalanan yang telah Anda tunjuk.

 

wa nava umroh