Daftar Umroh
Daftar Haji
Badal Haji
Yanto | Hasan | Mumu | Lela
Daftar Umroh
Daftar Haji
Badal Haji
Yanto | Hasan | Mumu | Lela

Nava Tour

Ciri-ciri Umroh Mabrur, Apakah Anda Mengalaminya?

Ciri-ciri Umroh Mabrur, Apakah Anda Mengalaminya?

 

umroh mabrur

Ciri-ciri umroh umat Muslim, Umroh mabrur selalu menjadi harapan setiap umat muslim setelah menjalani ibadah umroh. Predikat umroh mabrur ini adalah anugerah dari Allah SWT yang kelak mendapat balasan surga di akhirat. Hal ini diiringi dengan kesempurnaan ibadah, pengampunan dosa, peningkatan ketaqwaan, dan perubahan diri menjadi lebih baik setelah pulang dari Tanah Suci.

Baca Juga: Informasi Umroh April 2024

Makna Umroh Mabrur

Umroh mabrur sendiri memiliki makna yang berbeda-beda bagi setiap individu, tergantung pada harapan mereka dalam melaksanakan ibadah umroh. Adapun beberapa makna dari umroh mabrur, antara lain :

  1. Untuk seseorang yang ingin terbebas dari dosa: Umroh mabrur berarti dosa-dosanya diampuni dan seseorang kembali suci di hadapan Allah SWT.
  2. Untuk seseorang yang ingin meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT : Umroh mabrur berarti seseorang mendapatkan pengalaman beribadah ke Tanah Suci yang mendalam dan menjadi lebih dekat dengan Allah SWT.
  3. Untuk seseorang yang ingin memperbaiki diri menjadi lebih baik : Umroh mabrur berarti seseorang mendapatkan motivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik dalam segi akhlak, ibadah, dan muamalah setelah kembali dari umroh.

Umroh Mabrur dari Segi Ulama

Para ulama memberikan makna masing-masing tentang umroh mabrur, namun intinya sama yaitu ibadah umroh yang diterima oleh Allah SWT. Makna umroh mabrur dari beberapa ulama, antara lain :

1. Imam Syafi’i:

Umroh mabrur adalah umroh yang dilakukan dengan sempurna sesuai dengan tuntunan syariat dan diiringi dengan hati yang ikhlas.

2. Imam Malik:

Umroh mabrur adalah umroh yang diterima oleh Allah SWT dan diampuni dosa-dosa orang yang melaksanakannya.

3. Imam Hanafi:

Umroh mabrur adalah umroh yang dilakukan dengan penuh kekhusyu’an dan ketaatan kepada Allah SWT.

Ciri-ciri Umroh Mabrur

Dikatakan mabrur atau tidaknya umroh seseorang memang hak Allah sepenuhnya, tetapi Anda bisa melihat dari ciri-ciri yang dijelaskan Rasulullah SAW terkait ciri-ciri umroh mabrur, yakni sebagai berikut :

1. Ciri Umroh Mabrur Secara Fisik

Umroh mabrur bisa berdampak positif pada kondisi fisik perilaku jamaah itu sendiri. Beberapa ciri-ciri fisik yang umum dikatikan dengan umroh mabrur antara lain, wajah terlibat lebih berseri-seri, kualitas tidur meningkat dari sebelumnya, dan tubuh terasa lebih bersemangat dan berenergi. terlihat dari keistiqomahannya dalam shalat, puasa, membaca Al-Qur’an, dan amalan-amalan lainnya.

2. Ciri Umroh Mabrur Secara Batin

Seseorang yang umrohnya mabrur akan menjadi lebih tenang dan damai dibandingkan sebelum ia menunaikan ibadah umroh. Hal ini ditandai dengan semakin bersyukurnya seseorang atas semua nikmat dan anugerah yang diberikan oleh Allah SWT. Hatinya juga akan lebih tergerak untuk menolong orang-orang yang membutuhkan. Jika diberi ujian dan cobaan dari Allah SWT, ia menghadapinya dengan hati yang ikhlas, sabar, dan selalu percaya nantinya akan menerima kebahagiaan yang lebih.

3. Ciri Umroh Mabrur dalam Kehidupan Sehari-hari

Ciri-ciri umroh mabrur juga bisa dilihat dari perilaku sehari-hari. Seseorang yang mendapat gelar umroh mabrur sifat sosial dalam kehidupan sehari-harinya akan meningkat dari sebelumnya. Beberapa sikap terpuji yang ditunjukkan seperti, seperti lebih rajin beribadah, mudah memaafkan orang lain, dermawan, dan semakin mencintai Allah SWT serta Rasul-Nya. Tutur katanya selalu baik dan menyenangkan terhadap orang lain. Ia akan lebih menyadari bahwa semua yang dimilikinya adalah pemberian dari Allah SWT.

Keutamaan Umroh Mabrur

Ibadah umroh mabrur membawa banyak keutamaan dan nilai-nilai keagamaan yang mendalam bagi umat islam.

Pada Riwayat Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda;

العمرة إلى العمرة كفارة لما بينهما، والحج المبرور ليس له جزاء إلا الجنة

Artinya, “Satu umrah menuju umrah selanjutnya dapat menghapus dosa antara keduanya, dan haji yang mabrur hanya akan diganjar dengan surga.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Keutamaan lain dari umroh mabrur adalah mendapatkan pahala seperti haji. Hal ini sesuai dengan HR Muslim. Rasulullah SAW bersabda, “Umrah ke haji itu laksana kafarat di antara keduanya.” (HR. Muslim).

Dari poin-poin yang disebutkan di atas itulah yang bisa menjadi ciri-ciri umroh mabrur dan diterima oleh Allah SWT seseorang setelah menunaikan ibadah di Tanah Suci. Jika ciri-ciri umroh mabrur ini dirasakan oleh Anda, maka hendaknya Anda bersyukur dan teruslah berdoa agar ibadah Anda benar-benar diterima.