Daftar Umroh
Daftar Haji
Badal Haji
Yanto | Hasan | Mumu | Lela
Daftar Umroh
Daftar Haji
Badal Haji
Yanto | Hasan | Mumu | Lela

Nava Tour

Keutamaan Umroh di Bulan Ramadhan, Pahala Setara Haji

Keutamaan Umroh di Bulan Ramadhan, Pahala Setara Haji

Menunaikan umroh di bulan ramadhan menjadi dambaan setiap muslim. Bukan tanpa alasan, hal ini karena jemaah bisa mendapatkan banyak keutamaan umroh di bulan suci yang tidak didapat di bulan-bulan lainnya. Keutamaan tersebut hadir karena di bulan yang penuh berkah ini, segala ibadah akan dilipatgandakan. Tak heran, banyak jamaah umroh yang berlomba-lomba mencari keutamaan umroh di bulan ramadhan dengan menunaikan ibadah ke Tanah Suci.

Keutamaan Umroh di Bulan Ramadhan

keutamaan umroh ramadhan

 

 

Terdapat banyak kemuliaan apabila ibadah umroh di Tanah Suci Anda lakukan di bulan ramadhan dalam keadaan berpuasa. Berikut ini adalah beberapa keutamaan umroh di bulan ramadhan yang harus diketahui oleh umat Muslim :

1. Pahala Setara Ibadah Haji

Keutamaan umroh di bulan ramadhan salah satunya adalah Anda memperoleh pahala setara dengan ibadah haji. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda :

“Jika datang bulan Ramadhan, lakukanlah umrah. Karena umrah di bulan Ramadhan, senilai haji bersamaku” (HR Bukhari dan Muslim).

Artinya, pahala umroh di bulan ramadhan disetarakan dengan pahala ketika menunaikan ibadah haji. Ini menunjukkan keutamaan umroh di bulan Ramadhan yang sangat tinggi.

2. Diampuninya Dosa-dosa

Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh dengan ampunan dari Allah bagi Anda yang melaksanakannya dengan penuh keikhlasan dan kesabaran. Dengan melakukan ibadah umroh di bulan ramadhan, Anda mendapatkan pengampunan dari dosa-dosa yang telah Anda lakukan sebelumnya.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah SAW bersabda :

 العمرةُ إلى العمرةِ كفَّارَةٌ لمَا بينَهمَا ، والحجُّ المبرورُ ليسَ لهُ جزاءٌ إلا الجنَّةُ

“Antara satu umrah dengan umrah berikutnya terdapat penghapusan dosa-dosa di antara keduanya.  Haji yang mabrur, tidak ada pahala bagi pelakunya, melainkan surga” (HR. Bukhari dan Muslim).

3. Mendapatkan Malam Lailatul Qadar

Umroh di bulan ramadhan juga memberikan keutamaan karena Anda mendapatkan kesempatan untuk hadir di Masjidil Haram saat malam Lailatul Qadar, yakni malam di mana Allah memberikan pahala seperti seribu bulan. Jika Anda mengerjakan ibadah umroh pada malam itu, maka nilainya lebih baik daripada jika melakukannya selama seribu bulan.

Allah SWT berfirman,

لَيْلَةُ الْقَدْرِ ەۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍۗ

“Lailatulqadar itu lebih baik daripada seribu bulan.” (QS. Al-Qadr:3)

4. Pintu-pintu Surga Terbuka Lebar

Umroh di bulan ramadhan dapat menjadi salah satu cara untuk mendapatkan surga-Nya. Rasulullah SAW bersabda :

“Barangsiapa yang berumroh di bulan Ramadhan, maka dosa-dosanya diampuni seperti hari dia dilahirkan dari ibunya.” (HR. Tirmidzi).

5. Doa dan Hajat Dikabulkan Allah

Janji Allah kepada umat muslim yang melaksanakan Haji dan Umrah, doanya akan dikabulkan. Sebagaimana disampaikan Rasulullah SAW :

“Orang yang mengerjakan Haji dan Umroh merupakan tamu Allah. Maka jika mereka bermohon kepadanya, pastilah dikabulkan-Nya, dan jika mereka memohon ampunan pasti diampuni-Nya.” (HR Ibnu Majah).

Apalagi di bulan suci ramadhan terdapat beberapa waktu mustajab untuk berdoa. Di antaranya pada waktu sahur, berpuasa, dan iftar (berbuka puasa).

6. Meningkatkan Iman dan Taqwa

Beribadah umroh di Tanah Suci selama ramadhan membantu Anda meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah karena kesempatan untuk beribadah sangat besar. Anda dapat memanfaatkan momen ini untuk memperbanyak sholat, membaca Al-Quran serta ibadah lainnya seperti tawaf dan sa’i yang hanya bisa dilakukan di Tanah Suci.

7. Dapat Memberikan Rezeki

Keutamaan umroh di bulan Ramadhan lainnya adalah mendatangkan Anda rezeki secara materi, kesehatan, hingga kebahagiaan. Karena ibadah umroh sendiri bisa menghapus kefakiran. Hal ini menunjukkan betapa besar ganjaran yang dapat Anda peroleh saat melakukan umrah di bulan Ramadhan.

8. Mendapatkan Ketenangan Jiwa

Umroh di bulan ramadhan dapat memberikan ketenangan jiwa. Anda akan belajar untuk menjadi pribadi yang lebih ikhlas dan sabar dalam menghadapi segala sesuatunya. Dengan berada di Tanah Suci dan melakukan ibadah umroh, hati Anda juga akan lebih tenang dan damai.

Itulah 8 keutamaan umroh di bulan Ramadhan yang wajib diketahui setiap umat muslim. Semoga informasi ini semakin menambah semangat dan memotivasi Anda agar bisa menunaikan ibadah umroh ke Tanah Suci di bulan ramadhan ya.