Daftar Umroh
Daftar Haji
Badal Haji
Yanto | Hasan | Mumu | Lela
Daftar Umroh
Daftar Haji
Badal Haji
Yanto | Hasan | Mumu | Lela

Nava Tour

Doa Agar Bisa Umroh Lengkap dengan Waktu Mustajabnya

Doa Agar Bisa Umroh Lengkap dengan Waktu Mustajabnya

Bisa menunaikan umroh ke Tanah Suci akan menjadi pengalaman yang sangat bernilai juga menjadi impian untuk semua umat Muslim. Kesiapan finansial saja bukan jaminan seseorang bisa sampai ke Tanah Suci, karena pada hakikatnya berangkat umroh merupakan panggilan Allah. Sembari menunggu kesempatan dapat dipanggil Allah menjadi tamunya di Baitullah, ada doa agar bisa umroh yang dapat Anda panjatkan supaya mendapat ridha-Nya.

Baca juga: Informasi Umroh Agustus 2024

Doa agar Bisa Umroh

doa agar bisa umrah

Membaca doa agar bisa umroh merupakan salah satu bentuk ikhtiar yang penting bagi umat Muslim. Dengan berdoa, Anda memohon kepada Allah agar keinginan ke Tanah Suci dapat tercapai. Berikut adalah bacaan doa agar bisa umroh dan artinya yang bisa Anda amalkan  :

  1. Doa Nabi Ibrahim agar Bisa Berkunjung ke Tanah Suci

Doa Nabi Ibrahim yang tercantum dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 128 ini bagus untuk Anda baca jika Anda memiliki keinginan berkunjung ke Tanah Suci. Berikut ini bacaan doanya :

رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِنْ ذُرِّيَّتِنَآ اُمَّةً مُّسْلِمَةً لَّكَۖ وَاَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا ۚ اِنَّكَ اَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

Latin : “Rabbanaa waj’alnaa muslimaini laka wa min zurriyyatinaaa ummatam muslimatal

laka wa arinaa manaasikanaa wa tub ‘alainaa innaka antat Tawwaabur Rahiim”

Artinya : “Ya Tuhan kami, jadikanlah kami orang yang berserah diri kepada-Mu, dan anak cucu kami (juga) umat yang berserah diri kepada-Mu dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara melakukan ibadah (haji) kami, dan terimalah tobat kami. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Penerima tobat, Maha Penyayang”

  1. Doa Memohon Dimudahkan Umroh

Sementara Syekh Ahmad Qusyairi dalam kitab Al-Wasiilah Al-Hariyyah fi Al-Shalawat     Khairil Bariyyah menyebut, jika Anda ingin pergi ke Tanah Suci, amalkan sholawat sebanyak mungkin yang juga sekaligus menjadi doa agar bisa umroh. Berikut bunyinya :

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تُبَلِّغُنَا بِهَا حَجَّ بَيْتِكَ الْحَرَامِ، وَزِيَارَةَ حَبِيْبِكَ مُحَمَّدٍ عَلَيْهِ اَفْضَلُ الصَّلَاةِ       وَالسَّلاَمِ، فِي صِحَّةٍ وَعَافِيَةٍ وَبُلُوْغِ الْمَرَامِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّم

Latin : “Allahumma shalli ‘alaa sayyidina muhammadin sholatan tuballighuna biha hajja baitikal haram, wa ziyarata habibika muhammadin ‘alaihi afdhalus shalati wassalam fi sihhatin wa ‘afiyah wa bulughil marami wa ‘ala aalihi wa shahbihi wa sallim.”

Artinya : “Ya Allah, limpahkanlah rahmat atas junjungan kami Muhammad dengan berkah sholawat yang dapat menyampaikan kami dengannya untuk berkunjung ke rumah-Mu yang mulia dan mengunjungi makam Nabi-Mu, atasnya sholawat dan salam yang paling utama dalam kelembutan, sehat, selamat, dan tercapai cita-citanya, serta berkahilah dan salam untuk keluarganya dan sahabat-sahabatnya.”

  1. Doa agar Bisa Memenuhi Panggilan Umroh

Memperbanyak membaca kalimat talbiyah juga menjadi salah satu doa yang bisa Anda niatkan agar bisa berangkat umroh. Adapun bacaan kalimat talbiyah berbunyi :

لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ، لاَ شَرِيْكَ لَكَ لَبَّيْكَ، إِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ

Latin : “Labbaika allahumma labbaik, Labbaika laa syariika laka labbaik. Innal hamda wan ni’mata laka wal mulk laa syariika lak”

Artinya : “Aku datang memenuhi panggilan-Mu ya Allah. Aku datang memenuhi panggilan-Mu. Aku datang memenuhi panggilan-Mu. Tiada sekutu bagi-Mu. Aku datang memenuhi panggilan-Mu. Sungguh, segala puji, nikmat, dan segala kekuasaan adalah milik-Mu. Tiada sekutu bagi-Mu.”

  1. Doa agar Diberi Rezeki untuk Berangkat Umroh

Doa agar bisa umroh selanjutnya bersumber dari kitab al-Adzkar al-Nawawiyyah karya Imam Nawawi. Dengan mengamalkan doa ini, niscaya Allah akan memberikan rezeki dan kemudahan untuk berangkat ke Tanah Suci. Doa ini berbunyi :

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْاَلُكَ الْعَافِيَةَ فِى الدُّنْيَا وَالْاٰخِرَةِ وَالْفَوْزَ بِالْجَنَّةِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَاِنْ تُرْزِقْنِى حَجًّا اَوْ عُمْرَةً اِلٰى بَيْتِكَ الْحَرَامِ لاَ يُعْسِرُ عَلَىَّ فِيْهِ شَىْءٌ وَلا يُمْنَعُ مِنِّى شَىْءٌ

Latin : “Allahumma innii as-aluka al-aafiyata fiddunyaa wal-aakhirati wal-fawza bil-jannati wan-najaata minan-naari wa in turzuqnii hajjan aw ‘umratan ilaa baitikal haraami laa yu’siru ‘alayya fiihi syai-un wa laa yuman’u minnii syai-un.”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kesehatan di dunia dan akhirat, kemenangan dengan masuk surga dan keselamatan dari neraka, dan berikanlah aku rezeki untuk berhaji atau umroh ke Rumah-Mu yang Suci, yang tidak ada kesulitan apa pun bagiku di dalamnya dan tidak ada yang menghalangiku dari sesuatu.”

Waktu Mustajab untuk Berdoa Bisa Pergi Umroh

Agar doa bisa umroh yang Anda panjatkan tersebut dapat dikabulkan oleh Allah, Anda bisa membacanya di waktu-waktu mustajab. Kapan saja ya? Berikut penjelasannya.

  1. Sepertiga Malam Terakhir

Waktu ini diyakini menjadi salah satu waktu mustajab untuk berdoa di mana Allah mendengar doa-doa hamba-Nya. Kisaran waktunya ialah mendekati subuh atau di waktu sahur ketika berpuasa. Rasulullah SAW bersabda :

“Sesungguhnya pada malam hari itu ada suatu waktu yang jika kebetulan seorang muslim berdoa meminta kebaikan dunia dan akhirat ketika itu, maka Allah akan mengabulkan doanya. Dan waktu yang mustajab itu ada terus setiap malam.” (HR Ahmad dan Muslim).

  1. Saat Sujud

Saat sujud juga disebut sebagai waktu mustajab untuk Anda memohon diberi kemudahan berangkat umroh kepada Allah. Sebab, pada waktu tersebut, dianggap sebagai waktu terdekat seorang umat muslim dengan Allah.

  1. Hari Jumat

Dibandingkan dengan hari-hari lainnya dalam sepekan, Jumat dikatakan sebagai hari yang mempunyai banyak keistimewaan. Apabila Anda memanjatkan doa minta dimudahkan umroh di pada hari itu, niscaya Allah akan mengabulkan permohonannya.

  1. Di antara Adzan dan Iqamat

Waktu yang tepat untuk memanjatkan doa agar bisa umroh selanjutnya adalah waktu antara adzan dan iqomah. Dalam sebuah hadits, Nabi Muhammad SAW bersabda :

“Jika adzan untuk salat telah dikumandangkan, maka dibukalah pintu-pintu langit dan doa pun dikabulkan,” (HR Ahmad dan Tirmidzi)

  1. Doa Waktu Hujan

Waktu selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk berdoa agar bisa umroh adalah di waktu hujan. Nabi Muhammad SAW bersabda :

“Dua orang yang tidak ditolak doanya adalah ketika adzan dan ketika rapatnya barisan saat perang.’ Dalam riwayat lain disebutkan, “Dan ketika hujan turun.” (HR Abu Dawud).

Itulah bacaan doa bisa pergi umroh yang dapat Anda lafalkan di waktu-waktu mustajab. Dengan mengamalkan doa-doa tersebut, insya Allah Anda akan dimudahkan dalam mewujudkan impian untuk menunaikan ibadah umroh ke Tanah Suci.